Home / Artikel Umum / KERIS NOGOSOSRO, KERIS LEGENDARIS DARI PULAU JAWA

KERIS NOGOSOSRO, KERIS LEGENDARIS DARI PULAU JAWA

keris nogososro

MEDIABERITANASIONAL – Menguak tentang fakta sejarah dari Keris Nogososro. Sebuah keris yang merupakan salah satu keris legendaris dari budaya Jawa yang memiliki nilai sejarah, mistis, dan simbolis yang sangat mendalam.

Berikut beberapa fakta sejarah tentang keris Nogososro:

  1. Asal – Usul dan Legenda

Nama ” Nogososro ” berasal dari dua kata dalam bahasa Jawa Kuno, yaitu “Nogo” yang berarti naga dan “Sosro” yang berarti duri atau taring. Nama ini mencerminkan simbolisme kekuatan dan keagungan.

Menurut legenda, keris Nogososro dibuat oleh seorang empu terkenal bernama Empu Supo atau Empu Supa pada zaman Kerajaan Majapahit. Keris ini disebut-sebut memiliki kekuatan magis dan dianggap sebagai salah satu keris sakti dalam budaya Jawa.

  1. Filosofi dan Simbolisme

Keris Nogososro melambangkan kekuatan, keagungan, dan kemakmuran. Bentuk naga pada keris ini merupakan simbol dari pelindung dan penguasa yang bijaksana.

Keris ini biasanya dimiliki oleh raja atau bangsawan dan digunakan dalam upacara-upacara penting sebagai simbol kekuasaan dan otoritas.

  1. Keistimewaan Fisik

Keris Nogososro terkenal dengan pamor yang indah dan kompleks. Pamor adalah motif yang muncul pada bilah keris yang dibuat dengan teknik tempa khusus.
Dhapur: Bentuk bilah keris Nogososro biasanya memiliki lekukan (luk) yang melambangkan naga yang berkelok-kelok.

  1. Peranan dalam Kerajaan Majapahit

Pada masa Kerajaan Majapahit, keris Nogososro dianggap sebagai pusaka kerajaan dan memiliki peranan penting dalam simbolisme kekuasaan dan perlindungan spiritual.
Warisan: Keris ini kemudian diwariskan turun-temurun dalam lingkup keluarga bangsawan dan menjadi bagian penting dari warisan budaya Jawa.

  1. Nilai Magis dan Mistis

Diyakini bahwa keris Nogososro memiliki kekuatan magis yang bisa melindungi pemiliknya dari bahaya dan memberikan kekuatan spiritual.
Ritual dan Perawatan: Keris ini seringkali dirawat dengan upacara khusus, seperti dimandikan pada hari-hari tertentu menggunakan air bunga dan minyak khusus untuk menjaga kekuatannya.

  1. Pengaruh dalam Kebudayaan Populer
    Sastra dan Cerita Rakyat

Keris Nogososro sering muncul dalam cerita-cerita rakyat, babad, dan karya sastra Jawa, yang menggambarkannya sebagai senjata sakti penuh misteri.
Koleksi dan Penelitian: Saat ini, keris Nogososro menjadi objek koleksi dan penelitian bagi para pecinta budaya dan sejarah, baik di Indonesia maupun mancanegara.
Keris Nogososro bukan hanya sebuah senjata, tetapi juga simbol kebudayaan yang kaya dengan makna filosofis, historis, dan spiritual. Warisan ini terus hidup dan dihormati dalam budaya Jawa hingga hari ini.

Sumber : Bumi Budaya Majapahit

(MBN/KMP)

About Koko Mahargyo

Check Also

PANGLIMA TNI MENERIMA PIN GAJAH DARI PUSPOMAD

pin gajahmada diserahkan puspomad kepada panglima tni MEDIABERITANASIONAL(Puspen TNI) – Panglima TNI Jenderal TNI Agus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *