Home / Artikel Umum / Asam Kandis, Apasih Manfaat dan Kandungan Nutrisinya Untuk Kesehatan Tubuh

Asam Kandis, Apasih Manfaat dan Kandungan Nutrisinya Untuk Kesehatan Tubuh

tanaman asam kandis

MEDIABERITANASIONAL –

Asam kandis mungkin masih terdengar asing di telinga sebagian orang. Namun, buah dengan cita rasa asam ini sering kali digunakan sebagai bahan penyedap dalam berbagai masakan.

Selain itu, asam kandis juga mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Meski tidak sepopuler asam jawa, asam kandis juga dapat digunakan untuk memperkaya cita rasa makanan.

Buah asam kandis ini paling sering digunakan di daerah Sumatera sebagai bumbu penyedap untuk membantu bau amis dari daging atau ikan.

Asam kandis yang digunakan sebagai bumbu penyedap umumnya harus dikeringkan terlebih dahulu. Namun, Anda juga bisa mengonsumsi buah ini secara langsung ketika masih segar.

Kandungan Nutrisi dalam Asam Kandis

Dalam 100 gram asam kandis yang segar terkandung sekitar 82 gram air dan 75 kalori. Selain itu, buah ini juga memiliki beragam kandungan nutrisi lainnya, seperti:

16 gram karbohidrat
> 3,4 gram serat
> 63 miligram kalsium
> 93 miligram kalium
> 2,5 miligram zat besi
> 93 miligram natrium
> 139 miligram fosfor

Tak hanya itu, meski dalam jumlah sedikit, asam kandis segar juga mengandung protein dan zinc serta beberapa vitamin, seperti vitamin B1 dan vitamin B3.

Asam kandis juga memiliki sifat antiradang dan antidiabetes, serta kaya akan senyawa antioksidan, seperti etanol, flavonoid, alkaloid, tanin, maupun saponin.

Beragam Manfaat Asam Kandis Untuk Kesehatan Tubuh

Berkat beragam nutrisi yang terkandung di dalamnya, asam kandis tidak hanya bermanfaat sebagai bahan penyedap makanan, tetapi juga baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah manfaat asam kandis yang bisa anda dapatkan:

1. Meredakan peradangan 

Sebuah studi menunjukkan bahwa kandungan etanol dalam asam kandis memiliki sifat antiradang. Dengan begitu, mengonsumsi buah ini secara rutin dapat meringankan peradangan sehingga membuat Anda terhindar dari penyakit akibat peradangan kronis, seperti rheumatoid arthritis, diabetes tipe 2, atau kanker.

Meski begitu, studi ini baru dilakukan pada hewan percobaan. Artinya, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas asam kandis dalam meredakan peradangan pada manusia.

2. Menjaga kesehatan tulang

Asam kandis termasuk dalam salah satu buah mengandung kalsium dan fosfor. Kedua mineral tersebut merupakan komponen penting dalam pembentukan tulang. Artinya, mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium dan fosfor, termasuk asam kandis, dapat mencegah Anda mengalami osteoporosis.

3. Mencegah kenaikan gula darah

Asam kandis memiliki kandungan biflavonoid dan asam fenolik yang memiliki sifat antidiabetes. Berkat kedua senyawa tersebut, mengonsumsi asam kandis secara rutin dapat mencegah kenaikan gula darah.

Meski begitu, Anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsi asam kandis sebagai satu-satunya upaya untuk mencegah diabetes. Agar terhindar dari penyakit tersebut.

Anda juga perlu menerapkan pola hidup sehat, melakukan olahraga secara rutin, menghindari rokok, serta mengonsumsi makanan

4. Mencegah penyakit kardiovaskular

Di balik rasanya yang asam, asam kandis digadang-gadang memiliki khasiat dalam mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular. Manfaat ini berasal dari kandungan senyawa katekin yang tinggi dalam asam kandis.

Katekin merupakan salah satu jenis flavonoid yang berperan sebagai antioksidan dan dapat mencegah terjadinya kerusakan sel akibat paparan radikal bebas. Jika sel di dalam tubuh tetap sehat, berbagai penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung, gagal jantung, atau stroke, bisa dihindari.

5. Mencegah kanker

Kandungan katekin dalam asam kandis yang berfungsi untuk melindungi sel tubuh dari paparan radikal bebas juga mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat yang satu ini.

Oleh karena itu, konsumsi asam kandis sebaiknya disertai dengan makanan yang mengandung antioksidan lainnya, misalnya anggur, apel, dan bayam, untuk membantu mencegah terjadinya kanker.

( MBN/ADM )

About admin_mbn

Check Also

Tapera Sudah Menyimpang Dari Khitahnya

tabungan perumahan rakyat ( tapera ) MEDIABERITANASIONAL – Filosofi kebijakan tentang Pemenuhan Perumahan Rakyat Miskin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *